5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari dan Alasannya

ilustrasi buah tomat. Shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta David Zinczenko adalah penulis Eat It to Beat It! dan beberapa buku paling laris di New York, seperti Eat This, Not That dan The Abs Diet, sekaligus editor di ABC News. Ia mengungkapkan rahasia beberapa jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Berikut lima jenis makanan yang disarankan oleh Zinczenko untuk dikonsumsi setiap hari, dilansir dari Huffington Post.
#Bayam
Risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis dapat ditekan dengan rutin mengonsumsi bahan makanan yang mengandung omega-3 dan asam folat tinggi, seperti bayam. Asam folat yang terkandung di dalam bayam berfungsi untuk memperlancar peredaran darah sekaligus membantu melindungi tubuh dari masalah seksual pada usia lanjut.
Di samping itu, bayam juga mengandung lutein, senyawa yang memerangi degenerasi makula atau penurunan penglihatan. Agar lebih menarik, Anda dapat membuat salad berbahan dasar bayam dengan campuran telur, atau menjadikannya taburan piza dengan campuran saus marinara.
#Yogurt
Makanan kedua yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah yogurt. Fermentasi pada yogurt menjadi wadah ratusan juta probiotik berkembang biak, di mana probiotik tersebut bekerja sebagai bakteri baik di dalam tubuh. Probiotik terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus melindungi tubuh dari kanker.
Tidak semua yogurt mengandung probiotik, pastikan membaca labelnya sebelum membeli. Anda dapat mencampur yogurt dengan taburan buah, seperti beri, kacang-kacangan seperti kenari, atau madu, sebagai menu sarapan atau makan malam.
#Tomat
Posisi selanjutnya diisi oleh tomat. Ada dua hal menarik yang wajib diketahui tentang tomat. Pertama, warna merah pada tomat pertanda bagus, sebab tomat mengandung banyak antioksidan likopen. Kedua, tomat yang dimasak sama berpontensinya dengan tomat segar, sebab proses pengolahan menjadikan likopen lebih mudah diserap oleh tubuh.
Studi menunjukkan bahwa diet likopen mampu menurunkan risiko kanker prostat, paru-paru, kulit dan perut, sekaligus menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Disarankan untuk mengonsumsi 22 miligram likopen per hari atau setara dengan 8 buah tomat ceri tau segelas jus tomat.
#Wortel
Kebanyakan buah dan sayur berwarna merah, kuning, atau oranye, seperti wortel mengandung karotenoid, senyawa (lemak) mudah larut yang berfungsi mengurangi risiko kanker dan inflamasi lain, seperti asma dan arthritis. Setengah mangkuk wortel per hari dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian.
#Kedelai hitam
Meski semua kacang baik untuk jantung, tidak ada yang dapat meningkatkan kerja otak seperti kedelai hitam sebab kedelai hitam mengandung antosianin, senyawa antioksidan yang mampu meningkatkan kerja otak. Setengah cangkir kedelai hitam mengandung 8 gram protein dan 7,5 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kedelai hitam terbukti rendah kalori dan bebas lemak jenuh.dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019).

Komentar