Jalebi hingga Knafeh, Hidangan Ramadhan Dari Pakistan dan Lebanon yang Unik

1. Sambuus

Hasil gambar untuk Sambuus

Di negara Somalia, ada kudapan sambuus yang sekilas mirip seperti samosa. Hanya saja teksturnya lebih lembut dari samosa yang punya tekstur lebih padat. Isian sambuus menggunakan daging sapi atau ikan tuna, dicampur dengan beberapa rempah.

Salah satu rempah yang digunakan ada lada, hingga kunyit. Hidangan ini selalu hadir setiap bulan ramadhan, dan sudah menjadi ciri khas makanan rumahan di Somalia, terutama sebagai menu buka puasa.



2. Jalebi

Hasil gambar untuk jalebi

Kue manis yang satu ini berasal dari Pakistan, dan biasanya jadi kudapan atau menu buka puasa yang digemari banyak orang. Meski termasuk dalam jenis camilan, jalebi punya bentuk yang unik. Digoreng dengan garing lalu disajikan dengan sirup gula.

Bagi beberapa orang yang merantau, jalebi ini membuat mereka rindu akan suasana ramadhan di kampung halaman. Sehingga tak heran cemilan manis yang satu ini selalu laris di bulan ramadhan.



3. Chorba dan Bourek

Hasil gambar untuk 3. Chorba dan Bourek

Dua hidangan ini berasal dari negara Algeria atau Aljazair yang memiliki jumlah penduduk Muslim mencapai 99%. Tampilan hidangan chorba ini mirip seperti sup hangat, yang dibuat menggunakan gandum dan tomat.

Biasanya chorba disantap dengan lumpia khas Aljazair yang disebut dengan bourek. Lumpia ini diisi dengan daging yang nantinya dicelupkan ke dalam kuah hangat chorba. Hidangan ini selalu ada untuk menu buka puasa.
dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019).

Komentar